Beranda BANYUASIN Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Daerah, Pemkab Banyuasin Terus Tekan Laju Inflasi

Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Daerah, Pemkab Banyuasin Terus Tekan Laju Inflasi

10
0

Pangkalan Balai, maylanews.co.id – Dalam rangka pengendalian penanganan inflasi daerah tahun 2024, Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI) kembali menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah secara virtual melalui zoom meeting ini langsung dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Rakor yang dilaksanakan secara virtual ini diikuti oleh Pj. Bupati Banyuasin H. Hani Syopiar Rustam bersama Perangkat Daerah yang bertempat di Ruang Rapat Kantor Bupati Banyuasin, Senin (12/2).

Selesai mengikuti zoom meeting Penjabat Bupati Hani S Rustam menjelaskan, hal ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Kemendagri dengan Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia terkait pengendalian inflasi. Pemerintah Kabupaten Banyuasin dalam hal ini akan terus mendukung upaya Pemerintah Pusat dalam mengatasi berbagai tantangan termasuk pengendalian inflasi dengan cara menstabilkan kebutuhan pokok didaerah.

“Melalui koordinasi ini, diharapkan Kabupaten Banyuasin dapat lebih proaktif dalam mengambil langkah-langkah kongkrit untuk menjaga stabilitas ekonomi daerah dan mengendalikan inflasi sejalan dengan arahan dari pemerintah pusat. Tentunya langkah-langkah yang telah dijalankan sekarang yaitu operasi pasar murah telah berjalan dua kali dalam satu minggu, pemantauan harga dan stok, menjaga pasokan bahan pokok stabil. Cara ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Kabupaten Banyuasin, terutama dalam menjaga stabilitas harga serta memberikan kelonggaran ekonomi ditengah tantangan kenaikan harga bahan pokok,” jelasnya.

Dalam paparannya Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tito Karnavian menyampaikan beberapa poin penting dalam zoom meeting yaitu untuk persiapan bantuan pangan, segera cek suplai barang agar sampai kepasar sebab ada bawang putih dibeberapa Kabupaten harganya tinggi, juga dihimbau Pemerintah Daerah harus membantu KPU mensukseskan pemilu, dan dinas kesehatan menyiapkan fasilitas kesehatan dalam rangka pemilu.

“Adanya zoom meeting ini saya mengingatkan kepada Kepala Daerah agar tetap menjaga angka inflasi untuk tetap terkendali, hal ini menjadi suatu hal yang penting dan sangat perlu dilakukan. Kita harus selalu berkoordinasi dan berkolaborasi dengan instansi pusat maupun daerah lainnya agar dapat mencari solusi terbaik dalam penanganan inflasi,” terangnya. (Editor Wahyu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here