Beranda HL Pj Gubernur Sumsel Gandeng APDESI Sukseskan Program Prioritas Mulai dari Penurunan Stunting...

Pj Gubernur Sumsel Gandeng APDESI Sukseskan Program Prioritas Mulai dari Penurunan Stunting hingga Pemilu Damai

150
0

Laporan : Rilis Humas Pemprov

Palembang, Maylanews.co.id – Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni mengajak Dewan Pengurus Daerah Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (DPD APDESI) Sumsel untuk bersinergi dengan memberikan kontribusi dan dukungan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) dalam meningkatkan perekonomian desa dan kualitas aparatur desa. Hal ini disampaikannya saat menerima audiensi DPD APDESI Sumsel di Kantor Gubernur Sumsel, Palembang, Sumatera Selatan, Senin (12/2/2024).

Fatoni mengatakan sebagai organisasi yang mewadahi kepala desa di kabupaten yang ada di Provinsi Sumsel. Dia berharap APDESI dapat memaksimalkan organisasi sebagai ruang konsolidasi untuk menyusun dan melaksanakan program pembangunan guna percepatan kemajuan dan kesejahteraan desa serta masyarakatnya.

“Paling penting kepala desa harus jadi pemersatu di desa, dijaga iklim kondusif sehingga aktifitas penbangunan bisa berjalan dengan baik. Kepala desa tidak boleh autopilot, harus betul-betul memahami ilmu leadership, kuasai betul tugasnya dan banyak belajar, jadi kepala desa bisa sukses, kalau wawasannya harus luas,” kata Fatoni.

Kemudian, Fatoni mengimbau kepala desa dan perangkat desa harus memahami pengelolaaan keuangan secara akuntabilitas dan administratif. Menurutnya, peran kepala desa sangat stragetis, terlebih dalam mendukung kebijakan pemerintah.

“Bangun terus komunikasi untuk seluruh kepala desa, perangkat desa dan masyarakat desa, terlebih dalam rangka menjaga iklim kondusif di Provinsi Sumsel. Kita di Provinsi Sumsel ini, Forkopimdanya kompak, Bupati/Walikota kompak, kepala desa juga harus kompak, Sumsel ini selain maju dengan pembangunan dan prestasinya juga mendorong masyarakat untuk sejahtera,” ucap Fatoni.

Menurutnya, kepala desa juga harus turut serta mendukung penuh program prioritas yang saat ini menjadi atensi. Di antaranya inflasi, penurunan angka stunting, pengentasan kemiskinan, kemiskinan ekstrem serta menyukseskan pemilu dengan aman dan kondusif.

“Banyak hal yang bisa kita lakukan, misalnya gerakan menanam, jadi masyarakat diminta menanam di pekarangan rumah, di kebun, kalau itu terjadi kebutuhan rumah tangga kita akan tercukupi. Kemudian disosialsiakan untuk masyarakat tidak boros pangan. Kepala desa juga saya minta untuk masyarakat yang diketahui stunting agar segera diangkat menjadi anak asuh, tolong dipastikan bantuan makanan juga dimakaan oleh bayinya, makanan yang bergizi,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPD APDESI Provinsi Sumsel Sohidin menyampaikan terima kasih kepada Pj Gubernur Provinsi Sumsel yang telah mengundang DPD APDESI untuk beraudiensi. Sohidin menyebut DPD APDESI siap untuk berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Sumsel, terlebih dalam menyukseskan program prioritas di Provinsi Sumsel.

“Kami ingin kolaborasi tetap terjalin Pak Gubernur, kami seluruh kepala desa se-Provinsi Sumsel akan mendukung penuh program penurunan stunting, penunuruan angka kemiskinan dan yang terpenting kami akan menjaga keadaan aman dan kondusif terutama menjelang pemilu nanti,” kata Sohidin. (Editor Wahyu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here