Beranda HL Ketua Umum TP PKK Buka Sosialisasi Kadarkum, KDRT dan Layanan Adminduk

Ketua Umum TP PKK Buka Sosialisasi Kadarkum, KDRT dan Layanan Adminduk

82
0

Laporan : Rilis Humas Pemprov

Palembang, Maylanews.co.id  –  Ketua Umum Tim Penggerak (TP)  Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Pusat Tri Tito Karnavian membuka sosialisasi Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum), Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) dan Layanan Administrasi Penduduk (Adminduk) KTP Pertama bagi WNI berusia 17 tahun. Kegiatan ini berlangsung di Griya Agung, Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (21/2/2024).

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Penjabat (Pj) Gubernur Sumsel Agus Fatoni, Pj Ketua TP PKK Sumsel Tyas Fatoni, Pj Walikota Palembang Ratu Dewa dan para Ketua TP PKK di 17 Kabupaten/Kota se-Sumsel serta para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Sumsel. Tri Tito Karnavian menyebut kegiatan sosialisasi seperti ini perlu dilakukan di daerah-daerah lain se-Sumatera Selatan.

“Mudah-mudahan kegiatan tidak hanya dilakukan di satu tempat ini saja (Palembang) tapi juga dapat di lakukan di Kabupaten/Kota,” harapnya.

Tri Tito Karnavian menyebut PKK memiliki legalitas sangat kuat, meliputi Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) yang menjadi dasar hukum dan juga mendapatkan anggaran langsung dari APBD. Dia juga menyebut masyarakat Sumsel, terutama anggota PKK Sumsel perlu merasa beruntung dikarenakan dipimpin oleh Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni sebagai Kepala Daerah.

“Beruntung Sumsel punya Pak Gubernurnya yang di cari-cari se Indonesia. Karena beliau sangat mengerti sekali dengan penganggaran di daerah masing-masing. Pasti beliau berusaha keras, juga PKK mendapatkan penganggaran sesuai sehingga bisa menjalankan program,” jelas Fatoni.

“Nanti silakan komunikasi dan konsultasi dengan Pak Pj Gubernur. Karena beliau yang menguasai, nanti kalau bisa minta memaksimalkan anggarannya sehingga bisa leluasa melaksanakan program,” sambungnya.

Tri Tito Karnavian mengatakan rencana strategis dari PKK adalah mencapai kesejahteraan masyarakat, khususnya mengentaskan stunting guna mencetak generasi emas pada tahun 2045 mendatang. Dia juga berharap pada generasi emas ini akan membawa Indonesia Maju ke depannya.

Dalam kesempatan yang sama, Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni menyebut suatu kebanggaan dan kehormatan bagi Sumsel yang dipilih oleh Ketum TP PKK Tri Tito Karnavian menjadi lokasi kegiatan sosialisasi. Fatoni mengaku siap mendukung seluruh program PKK Provinsi Sumsel ke depannya.

“Kami siap mendukung program PKK dan bersyukur PKK Provinsi Sumsel, Kabupaten/Kota cukup aktif dalam menjalankan tugas-tugasnya bersama Pemerintah dan stakeholder serta aktif juga aktif turun ke masyarakat,” ucap Fatoni.

Saat ini, sejumlah program kegiatan PKK sudah dijalankan dengan baik, seperti pembagian bantuan sosial (bansos) dan pemberdayaan ekonomi. Kemudian terkait penanganan program prioritas, di antaranya bencana alam, stunting, pengendalian inflasi, penanganan kemiskinan ekstrem dan menyukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) juga gencar dilakukan.

“Kami siap mendukung program PKK dan Alhamdulillah PKK Sumsel dan Kabupaten/Kota aktif bersama pemerintah dan stakeholder aktif turun ke masyarakat,” ungkapnya.

“Alhamdulilah di Sumsel sudah cukup baik, artinya komunikasi kepala daerah dengan Ketua TP PKK, ini harus menjadi contoh bagi keluarga apalagi ini juga ada sosialisasi sadar hukum,” ucapnya.

Pada kesempatan ini, Ketum TP PKK Tri Tito Karnavian didampingi oleh Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni dan Pj Ketua TP PKK Sumsel Tyas Fatoni memberikan KTP pemula bagi WNI berusia 17 Tahun, Kartu Identitas Anak (KIA) dan Piagam Penghargaan secara simbolis.

Turut hadir dalam kegiatan ini, di antaranya Forkopimda/mewakili, Ketua Ikatan Organisasi Istri Anggota DPRD Sumsel Ayu Nursuri, Ketua Adhyaksa Dharmakarini Sumsel Yessie Yulianto, Ketua BKOW Sumsel Fauziah Mawardi, Ketua Jalassnastri Palembang Ervina Yuliati, Ketua Pia Ardhya Garini Cabang Sumsel Maharini Rizalsy Efranza, Ketua IIPK Sumsel Emi Samiluddin, Pj Walikota Palembang Ratu Dewa, para Ketua TP PKK se Sumsel, mahasiswa, pelajar dan para ASN Lingkungan Pemprov Sumsel. (Editor Wahyu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here