Beranda BANYUASIN Penyelarasan Satu Data, Pembinaan Statistik Sektoral Banyuasin Digelar.

Penyelarasan Satu Data, Pembinaan Statistik Sektoral Banyuasin Digelar.

15
0

Palembang, Maylanews.co.id – Pembinaan Statistik Sektoral Banyuasin Tahun 2024 dibuka langsung oleh Penjabat Bupati Banyuasin diwakili oleh Asisten II Setda Kabupaten Banyuasin, Noor Yosept Zaath, ST., MM digelar di OPI Hotel, Kamis (21/03/2023).

Noor Yosept menyatakan bahwa Pembinaan Statistik sektoral perlu dilakukan ke semua bidang, penyelenggaraan satu Data Indonesia Kabupaten Banyuasin termasuk pembagian tugas untuk satu data Indonesia agar dapat dipinjam pakaikan antar instansi.

Untuk itu kita lakukan pembinaan ini agar data yang dimiliki berkualitas agar Indonesia memiliki satu data yang sama. Data memiliki peran yang sangat penting karena perencanaan implementasi dan evaluasi pelaksanaan pemerintahan memerlukan data dan perumusan kebijakan di daerah juga bergantung pada informasi dan data tersedia.

Penyelarasan data memiliki tantangan tidak mudah salah satunya karena adanya ketidakselarasan antara Instansi yang mengeluarkan data sehingga indikator yang sama memiliki data yang berbeda karena berasal dari 2 (dua) sumber yang berbeda. Untuk itu, pembinaan statistik sektoral sangat penting.

Kepala BPS Kabupaten Banyuasin, Basuki Rahmat menegaskan bahwa penyempurnaan satu data Indonesia ini sangat perlu dilakukan agar tidak terjadi kesalahan data dibeberapa penyelenggara kebijakan.

“Bagaimana agar data Statistik dapat dikumpulkan dalam satu web dan dapat dibagi pakaikan dengan Instansi lain dengan syarat data tersebut berkualitas. Tantangan satu data Indonesia harus bersama berkolaborasi diwujudkan agar tidak terjadi lagi ketidakselarasan data, ” ujar Basuki.

Pembinaan diisi dengan materi yang diisi oleh Narasumber Febrina Dwi Rahayu S. Stat,
Lukman Huq Mahmuda Siregar S.Tr.Stat dan Dr. H. Salni Pajar, S. Ag., M. Hi.
Dalam kesempatan ini, diberikan juga Piagam Penghargaan kepada Dr. H. Salni Pajar, S. Ag., M. Hi atas partisipasi menjadi narasumber dalam pembinaan statistik sektoral Kabupaten Banyuasin. (Editor Wahyu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here